• karya1

    karya1

  • maxresdefault

    maxresdefault

Visi dan Misi

Ditulis oleh 

1.     VISI PEMBANGUNAN KELURAHAN

”TERWUJUDNYA MASYARAKAT KELURAHAN BENG SEJAHTERA, BERMUTU DAN BERIMAN, SERTA BERPIJAK PADA TRI HITA KARANA.

Visi dalam hal ini adalah visi Pemerintahan Kelurahan, yaitu visi Kelurahan pada dasarnya adalah gambaran masa depan yang akan diwujudkan oleh Pemerintah Kelurahan, dan akan difungsikan terutama sebagai arah perjalanan Pemerintah Kelurahan dalam mewujudkan tujuan bersama yaitu ingin Mewujudkan masyarakat yang Sejahtera, Cerdas didalam Berpikir, Kreatif didalam menempuh masa Depan, Mandiri didalam kehidupan, Bermutu didalam menjalankan Usaha atau didalam menjalankan kehidupan serta Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, Ida Sang Hyang Widhi Wasa. Visi ini bukan mimpi dan bukan slogan semata tetapi dapat diwujudkan dan dapat diarahkan pencapaiannya oleh Karena alasannya jelas.

Dari gambaran umum Kelurahan Beng diatas, dengan sangat jujur diakui masih ada masalah-masalah yang perlu ditangani sungguh-sungguh khususnya periode 2015 - 2020, yaitu bidang ekonomi rakyat, pendidikan, kesehatan, infra struktur, kebersihan lingkungan, sebagian kecil kemiskinan.

Dari Visi tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut:

-          Sejahtera

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia Sejahtera berarti aman, sentosa dan makmur, dimana dalam pembangunan kedepan diharapkan masyarakat Kelurahan Beng bisa sejahtera dari semua aspek.

-         Bermutu.

Kalau masyarakat sudah sejahtera otomatis apa yang dihasilkan atau diproduksi akan bermutu baik.

-         Beriman

Masyarakat tyang beriman adalah masyarakat yang mempunyai ketetapan hati serta percaya terhadap Tuhan Yang Maha Esa, Ida Sang Hyang Widi Wasa.

-         Berpijak pada Tri Hita Karana

Tri Hita Karana sebagai pola kehidupan masyarakat Bali yang dimaknai sebagai tiga unsur yang menyebabkan kesejahteraan masyarakat yaitu: Parahyangan, pawongan, dan palemahan. Nilai-nilai kehidupan masyarakat Batuan yang religious senantiasa dalam setiap aktivitasnya akan memohon kerahajengan dan doa-doa kehadapan Tuhan Yang Maha Esa sebagai hal yang mutlak (Prahyangan). Dari aspek Pawongan, selalu dimaknai dengan hubungan manusia antar sesame di dalam lingkungannya baik keluarga, banjar, Kelurahan adat, Kelurahan dinas dan seterusnya. Karena pada dasarnya manusia adalah makhluk social yang selalu akan saling bergantung dan berinteraksi satu sama lainnya. Sedangkan Palemahan dimaknai sebagai hubungan manusia dengan lingkungannya, sperti pekarangan, wilayah Kelurahan, jalan dan akses yang lainnya. Ketiga unsur tersebut saling berhubungan dalam usaha mewujudkan keseimbangan dan keserasian sehingga ada harmonisasi.

Ketiga unsur yang terkandung dalam visi pembangunan Kelurahan Beng  ini adalah dengan mewujudkan Masyarakat Bermutu dan Beriman demi terwujudnya kesejahteraan yang semakin meningkat dengan tetap melestarikan kegiatan adat, budaya, dan norma yang dijiwai agama Hindu. 

 

 2.     MISI PEMBANGUNAN KELURAHAN

Misi Pembangunan Kelurahan Beng Periode 2013 – 2019.

Misi 1          

Menyelenggarakan pemerintahan Kelurahan yang efisien, efektif, dan bersih serta mengutamakan kepentingan masyarakat. Pada dasarnya tujuan pemerintah Kelurahan ada 3 yaitu:

- Membina/mengembangkan

- Membangun/memberdayakan

- Melindungi masyarakat

Untuk mencapai tujuan tersebut harus mengacu pada prinsip-prinsip manajemen yang efisien, efektif dan pemerintahan yang bersih dan Transparan.

Misi 2 Meningkatkan ketrampilan teknis semua Staf Kelurahan dengan jalan memberikan kesempatan kepada semua staf untuk mengikuti pelatihan-pelatihan yang dilaksanakan oleh Pemda Gianyar/Provinsi Bali untuk menambah wawasan bagi staf Kelurahan didalam melayani Masyarakat.
Misi 3 Mengembangkan pemberdayaan masyarakat dan kemitraan dalam Pelaksanaan pembangunan Kelurahan Beng dan Papingisasi Gang-Gang Masyarakat. Pada dasarnya pembangunan adalah tugas pemerintah dan masyarakat dalam alam demokrasi seperti sekarang ini diharapkan peran masyarakat lebih dominan. Maka salah satu langkah yang harus dilakukan adalah membudayakan masyarakat lebih terprogram dan terarah. Dan untuk meningkatkan kemampuan masyarakat maka perlu ada, kemitraan, dengan pihak lain. Kemitraan tersebut tidak saja kaitannya dengan pendanaan, alih teknologi dan manjemen sangat penting untuk SDM dan kualitas usaha.
Misi 4 Meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) dalam pembangunan Kelurahan yang berkelanjutan. Pembangunan juga pada dasarnya hasil interaksi antara sumber daya, teknologi dan kebijakan yang akan selalu berkaitan. Dalam setiap pembangunan dperlukan manusia-manusia yang cerdas dan etos kerja yang tinggi, Professional sehingga pembangunan akan menjadi bermanfaat dengan kebutuhan masa depan dan berkelanjutan Karena akan didukung dengan tenaga pendidikannya, kesehatan, dan pendapatan yang meningkat.
Misi 5 Menciptakan rasa aman tentram dalam kehidupan Kelurahan yang demokratis dengan tetap menjaga keutuhan, adat, budaya (menyama braya, pada gelahang) menjungjung tinggi norma-norma agama Hindu
Misi 6 Menciptakan Masyarakat Sehat dengan jalan memperhatikan kesehatan Balita dan Lansia utamanya yang berasal dari KK Miskin.
Misi 7 Melanjutkan Program Pendidikan dengan memberikan Bimbingan Belajar Untuk Anak-anak SD Se Kelurahan Beng.
Misi 8 Melestarikan Lingkungan yang Asri dan melestarikan Adat dan Budaya. Kelurahan Beng pada dasarnya memiliki beragam potensi dan bahkan keunggulan dibidang Seni Budaya banyak tari-tari Sakral yang masih dimiliki dan masih dilestarikan di Kelurahan Beng.

 

 

 

Baca 340 kali
Masuk untuk memberikan komentar

Main Menu

User Menu

Site Login