• karya1

    karya1

  • maxresdefault

    maxresdefault

Lembaga Kemasyarakatan

Ditulis oleh 

Lembaga Kemasyarakatan di Kelurahan Beng sangat penting keberadaannya dalam mencapai tujuan bersama. Lembaga Kemasyarakatan berperan menstimulasi partisipasi aktif masyarakat dalam proses pembangunan yang dinamis. Mereka mempunyai peran sebagai pelopor menuju keadaan yang lebih baik, dimana didalam proses perubahan itu mereka berperan sebagai penggerak pembangunan.

Keberadaan dan aktifitas Organisasi Perempuan di Kelurahan Beng sangat dirasakan oleh masyarakat, karena tanpa partisipasinya maka segala aktifrtas yang ada dimasing-masing Lingkungan/Banjar dan masing-masing Desa Pakraman sulit bisa jalan lancar. Demikian juga ditingkat kelurahan peran organisasi perempuan ini sangatmembantu pemerintahan desa dalam melaksanakan program-program kelurahan dan ikut aktif didalam proses pembangunan. Organisasi Perempuan yang ada di kelurahan Beng diantaranya 6 Organisasi PKK Lingkungan, 1 Organisasi PKK kelurahan, 2 Kelompok Sekeha Gong Perempuan, 2 Pesantian, 6 Organisasi Bina keluarga Balita, 1 Organisasi UP2K, dan beberapa kelompok arisan.

Keberadaan Organisasi Pemuda yang ada di Kelurahan Beng sangat membantu tugas-tugas Prajuru Adat dan ikut aktif didalam proses pembangunan dimasing-masing lingkungan (Banjar). Organisasi Pemuda yang ada dimasing-masing Lingkungan (banjar) dan Desa Pakraman (Adat) tersebut mampu memobilisasi setiap warga yang sudah tergolong cukup umur sebagat pemuda dan pemudi untuk melaksanakan program-program kerjanya. Selain mampu dalam hal memobilisasi anggotanya, mereka juga mampu melakukan penggalian dana dengan mangadakan bazaar, mengadakan undian kupon berhadiah dan pengumpulan dana lainnya melalui ide-ide kreatifnya. Dana yang terkumpul biasanya dipakai untuk melaksanakan program pembangunan pisik, dan difokuskan lebih kepada program atau pembangunan pisik yang ada hubungannya dengan kegiatan keagamaan seperti membeli Gong, Pembangunan pelinggih dan Pura serta membantu Pembangunan Bale Banjar. Di Kelurahan Beng ada 6 organisasi Pemuda dan Pemudi yang tergabung kedalam 6 Sekeha Teruna -Teruni (STT).

Sedangkan organisasi profesi juga ada antara lain Organisasi Kelompok Ternak Kambing “Guna Asih” dan  Kelompok Ternak Itik “Guna Sari” begitu pula Sekaa-Sekaa seperti Sekaa Calonarang di lingkungan Kaja Kangin, Sanggar Tari dan Tabuh di Lingkungan Pande , Sekaa wayang Calonarang di Lingkungan Kaja Kangin, Sekaa Tari Topeng di Lingkungan Kelod kauh, Sekeha Gong laki dan perempuan di Lingkungan Kelod Kangin dan Pande. Ada juga KUBE  Banten “Cita Santi” Yadnya Grosir, dan Kelompok Mebat di Br. Pande.

Dengan adanya beberapa Banjar Pakraman (adat), keberadaan Organisasi bapak juga merupakan suatu kebutuhan yang harus ada, dimana dimasing-masing banjar Adat dinamakan Banjar Muani. Pada saat-saat tertentu, Banjar Muani dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan yang tidak bisa dilaksanakan oleh para ibu-ibu. Disamping ada Sekaa Gong Lanang, Pesantian Lanang dan 2  buah Sekaa Angklung lanang.

LPM Kelurahan Beng telah melaksanakan tugas dan fungsinya sesuai dengan aturan perundang-undangan yang ada. LKMD Kelurahan Beng sangat membantu dalam proses pembangunan yang dilaksanakan Pemerintahan Kelurahan Beng. Mulai dari menyusun rencana pembangunan, melaksanakan pembangunan, menampung dan nyalurkan aspirasi dan partisipasi masyarakat dalam berbagai kegiatan pembangunan, kemasyarakatan dan pemerintahan, menumbuhkan rasa tanggungjawab bermasyarakat, berbangsa dan bernegara untuk mengembangkan ketahanan masyarakat di Kelurahan di dalam wadah LPM berkumpul para tokoh dari berbagai elemen masyarakat seperti Prajuru adat, Kelihan Subak, Kaum Profesional, para guru, polsi dan TNI, pengurus PKK, para ketua pemuda-pemudi dan mantan ketua pemuda serta tokoh-tokoh lainnya. 

Setiap waktu, jika pemerintahan Kelurahan memerlukan tenaga dan kader untuk melaksanakan program dan kegiatan, maka anggota LPM selalu menjadi pilihan karena  tersedia sumber daya manusia yang dibutuhkan.

Kelompok Gotong Royong juga ada tersebar disetiap Lingkungan yang ada di kelurahan Beng, seperti Sekaa Mebat disamping ada Banjar. Tujuan dari Sekeha (kelompok) ini adalah untuk meringankan beban anggota mereka jika mempunyai hajatan atau pekerjaan-pekerjaan yang biasanya berkaitan dengan adat dan agama seperti upacara besar dimasing-masing rumah keluarga, upacara potong gigi, dan kegiatan lainnya. Di Kelurahan Beng juga ada 4 Unit Daerah Kerja Pembangunan (UDKP) yaitu UDKP Kaja Kauh, Kaja Kangin dan Kelod Kangin dan Kelod Kauh rnasing-masing Kelompok UDKP mengkordinir kegiatan pembangunan dan kebersihan di Lingkungannya masing-masing. Kelompok Gotong royong juga terdapat pada organisasi PKK, SD, Pasraman Budi Pekerti, dan Kelompok Gotong royong dalam pura-pura dadia atau kawitan.

Keberadaan dan aktifitas Organisasi Karang Taruna di Kelurahan Beng sudah sesuai dengan yang diharapkan. Mereka juga mengkoordinir keberadaan Organisasi pemuda di dalam masing-masing Lingkungan, Karang Taruna Kelurahan Beng benama “Wana Kelepu”.

Karang Taruna Kelurahan Beng selalu terlibat didalam mengambil keputusan apalagi jikakeputusan tersebut memiliki dampak yang luas terhadap masyarakat kelurahan Beng, Pemerintah Kelurahan selalu  mengundang mereka jika ada rapat-rapat memerlukan partisipasi banyak orang dan lembaga. Pengurus Karang Taruna “Wana Kelepu” membawa aspirasi dan mewakili unsur generasi muda Kelurahan Beng di dalam  forum-forum yang diselenggarakan baik di tingkat Kelurahan maupun di Tingkat kecamatan dan Kabupaten. Adapun kegiatan Karang Taruna adalah di bidang olah raga seperti : Membentuk Klub Sepak Bola yang bemama PSDB (Persatuan Sepak Bola Desa Beng), Klub Volly, Bulu Tangkis, Pencak Silat Perisai Diri (PD),  di bidang Seni dan Budaya membentuk Pesantian di Bidang pembangunan yaitu mengadakan gerakan kebersihan setiap 1 bulan sekali di tempat-tempat umum. Disamping ada juga Yayasan Manggis Gianyar yang bergerak dibidang Seni dan Budaya.

Lembaga-Lembaga Adat yang ada di Kelurahan Beng antara lain Lembaga Adat Pengelolaan Pertanian/irigasi yang dikenal dengan nama "Subak". Di Kelurahan ada 4 Organisasi Subak yaitu Subak Lombok, Subak Jero Kuta, Subak Munduh, dan Subak Buaji.